Senin, 13 Mei 2013

Bobot Tubuh Turun Drastis, Waspadai Diabetes!

Bobot Tubuh Turun Drastis, Waspadai Diabetes!

Liputan6.com, Jakarta : Jika Anda berpikir kalau diet Anda berhasil karena bobot tubuh yang turun dengan cepat, jangan senang dulu. Bisa jadi, penurunan berat ini akibat diabetes.

"Tidak semua kasus diet berhubungan dengan diabetes. Tapi kalau tiba-tiba berat badan turunnya cepat, kemungkinan diabetes perlu dipertimbangkan," ujar Kepala Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Dr.dr.Imam Subekti, SpPD, KEMD saat bertemu wartawan menyambut The 17th Congress of The ASEAN Federation of Endocrine Societies di Jakarta, Senin (13/5/2013).

"Diet itu susah. Dan ukuran kuantifikasinya tidak bisa diukur. Tapi bisa dilihat kalau kira-kira penurunannya drastis seperti misalnya dalam sebulan bisa turun 5 kilogram, maka harus dipikirkan kemungkinan diabetes," jelas Imam.

Menurut Imam, diet yang baik itu target penurunan antara 5 -10 persen. "Jika seseorang menargetkan kurus dalam waktu 6 bulan dengan berat 60-70 kilogram, maka 5-10 persennya berarti kira-kira akan turun beratnya hingga 7 kilogram dalam 6 bulan," tambahnya.

"JIka dari contoh tadi, dalam sebulan turun 1 kilogram sudah bagus. Yang tidak baik jika turun 5 kilogram dalam sebulan, ini perlu dipertimbangkan," tambahnya.

(Fit/Mel/*)

http://health.liputan6.com/read/584956/bobot-tubuh-turun-drastis-waspadai-diabetes