Minggu, 19 Mei 2013

Berpuasa Membuat Lebih Sehat

TEMPO.CO, Jakarta--Berpuasa akan membuat orang lebih sehat dan terhinda dari beberapa penyakit. Ahli genetika Frances Ashcroft mengatakan bahwa semua orang harus berhenti makan sehari dalam seminggu seperti dikutip BBC pada Sabtu 18 Mei 2013.

Menurutnya sebanyak 336 juta orang di seluruh dunia saat ini mengidap diabetes tipe-2. Diabetes tipe-2 dapat memicu banyak penyakit, seperti meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, kebutaan, gagal ginjal, dan amputasi.

Hal itu menyebabkan dalam tiap tujuh detik, satu orang dapat meninggal. Di Inggris, secara mengejutkan seseorang dapat menghabiskan sekitar 1 juta pound per jam untuk mengobati penyakit - hampir 10 persen dari anggaran kesehatan.

Semakin banyaknya penderita diabetes tipe-2 didorong oleh semakin meluasnya obesitas dan cara terbaik yang berlaku bagi semua orang adalah dengan menjaga berat badannya.

"Semua tahu apa yang harus dilakukan, makan lebih sedikit dan berolahraga lebih banyak. Tapi kebanyakan merasa tidak mudah untuk menghitung kalori atau makan dalam porsi yang tepat," ujarnya.

Puasa sudah jelas menjadi cara yang murah karena sederhana dan memiliki tradisi panjang di banyak kebudayaan.

Sebelumnya, jelas penting untuk memeriksa diri pada dokter sebelum berpuasa. Tapi puasa selama satu hari setiap minggu dapat membuat kita lebih sehat, lebih bahagia dan hidup lebih lama.

BBC | AISHA

Topik terhangat:
PKS Vs KPK | E-KTP | Vitalia Sesha | Ahmad Fathanah | Perbudakan Buruh

Berita lainnya:
EDISI KHUSUS Cinta dan Wanita Ahmad Fathanah
Para Pria Ini Merasakan Sakitnya Melahirkan
7 Langkah Menjaga Kesehatan Alat Vital
Waspada 6 Jenis Makanan Ini
Mengenal Penyakit Sclerosis

http://www.tempo.co/read/news/2013/05/19/060481437/Berpuasa-Membuat-Lebih-Sehat