Sabtu, 25 Mei 2013

Belajar Dari Kuba, 2020 Jakarta Targetkan Bebas DBD

Berbagi informasi terkini dari detikcom bersama teman-teman Anda Connect with Facebook

Jakarta, Melalui gerakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN), DKI Jakarta menargetkan bebas demam berdarah pada tahun 2020. Target ini diyakini bisa tercapai jika melihat kisah sukses yang pernah dialami negara lain, yakni Kuba.

Program PSN dianjurkan dan telah dilakukan setiap Jumat selama 30 menit oleh masyarakat, yaitu sejak pukul 09.00-09.30. Hal ini diambil berdasarkan hasil studi pihak Dinas Kesehatan DKI Jakarta di Kuba.

"Di Kuba hal seperti ini dilakukan serentak, rutin, dan sepanjang tahun. Sehingga, saat ini Kuba menjadi negara juara 1 dengan kasus DBD terendah dengan mengurangi angka kasus DBD hingga 0 persen," ujar John Marbun Ketua Bidang Pengendalian Masalah Kesehatan dari Dinas Kesehatan DKI Jakarta, dalam kampanye 'Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) Melalui 30 Menit Jumat Bersih' di Kompleks DPR 1 Kebon Jeruk, Jakarta, Jumat, (24/5/2013).

Senada dengan John, Husein Habsyi Wakil Ketua Umum Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) mengatakan tindakan preventif dan promotif ini tak hanya dilakukan di Jakarta tetapi juga di Jawa Timur (Surabaya). "Jadi jangan hanya mendengar mengenai orang yang sudah masuk rumah sakit saja, justru tindakan pencegahan seperti ini harus terus dijalankan dan digalakkan," tegasnya.

Kegiatan PNS tak serta-merta dilakukan tanpa pembekalan. Kepada mereka yang menjadi juru pemantau jentik nyamuk (JUMANTIK) diberikan pelatihan agar dapat memberikan penyuluhan dengan baik pada warganya dengan media flipchart (media lembar balik). Namun demikian masih diakui oleh pihak dinas kesehatan peran JUMANTIK masih belum maksimal.

Oleh sebab itu, belajar dari pengalaman negara Kuba yang berhasil menerapkan PSN pihak dinas kesehatan pun menargetkan 2020 Jakarta bebas dari demam berdarah dengan PNS. Ketika ditanyakan daerah Jakarta yang paling rawan terkena DBD John menjawab Jakarta Timur.

"Jakarta Timur lebih rindang dan pemukimannya lebih luas, jadi besar kemungkinannya ditambah cuaca yang tidak menentu," tutup John. Daerah manapun dapat menjadi sarang nyamuk demam berdarah jika tidak dijaga kebersihannya, oleh sebab itu mari kita mulai PSN sejak dini secara serentak, rutin, dan sepanjang tahun.

(up/up)

Source : http://health.detik.com/read/2013/05/24/191647/2255487/763/belajar-dari-kuba-2020-jakarta-targetkan-bebas-dbd