Jumat, 24 Mei 2013

Bakteri Tuberkulosis Mati karena Vitamin C

TEMPO.CO , Jakarta:Sebuah tim dari Albert Einstein College of Medicine di New York secara kebetulan menemukan bahwa vitamin C dapat membunuh bakteri tuberkulosis. Bakteri tuberkolosis adalah penyebab penyakit tuberkulosis yang menyerang paru-paru

"Aku tak percaya. Kami menemukan bahwa vitamin C membunuh TB," kata William Jacobs, salah satu dari peneliti di sana mengungkapkannya dalam situs News Max Health edisi 22 Mei 2013. Hasil penelitian ini kemudian diterbitkan dalam Jurnal Nature Communications. Dia menekankan, sejauh ini manfaatnya hanya terlihat dalam laboratorium. "Kami belum tahu apakah itu akan bekerja pada manusia," ujar Jacobs. "Tapi sebenarnya, penelitian ini pun semula bukan untuk mencari manfaatnya untuk manusia. Ini hanya kebetulan.”

Pada tahun 2011,  diyakini ada sekitar 12 juta kasus TB total - 630.000 dari mereka tidak merespon terhadap obat yang paling ampuh (isoniazid dan rifampisin). Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sempat mengumumkan keadaan darurat kesehatan global karena TB 20 tahun lalu. Meskipun TB adalah penyebab utama kematian akibat penyakit menular, tingkat kematian TB mengalami penurunan 41 persen pada  1990-2011.

Pada  2011, sebanyak 8,7 juta orang menderita TB dan 1,4 juta meninggal dunia, kata WHO. Lebih dari 95 persen kematian akibat TB terjadi di negara berpenghasilan rendah dan menengah.TB juga jadi ancama pembunuh bagi ODHA (Orang Dengan HIV Aids).

TBC biasanya diobati dengan antibiotik rutin selama enam bulan. Resistensi (perlawanan) terhadap obat TB terjadi ketika obat gagal membunuh bakteri yang menyebabkan TB. Ini dapat terjadi karena pasien tidak mengikuti dosis yang dianjurkan atau karena obat tidak bekerja. TB juga menular secara langsung dari orang ke orang. Penyembuhan TB membutuhkan sekitar dua tahun pengobatan dengan obat-obatan yang lebih paten (dan lebih mahal). Hal ini menyebabkan efek samping dan tidak memberikan jaminan untuk sembuh.

Oleh sebab itu, ilmuwan berharap ada penelitian lebih lanjut untuk melihat potensi penggunaan vitamin C dalam pengobatan TB. Selain murah, vitamin C mudah didapat dan aman digunakan.

"Ini akan menjadi sebuah studi besar," kata Jacobs.

NEWS MAX HEALTH | ANINGTIAS JATMIKA
Topik terhangat:
Menkeu Baru | PKS Vs KPK | Vitalia Sesha | Ahmad Fathanah | Perbudakan Buruh

Baca juga:
EDSUS Cinta Fathanah

Luthfi Panggil Darin Mumtazah `Mamah`
Sri Mulyani Masuk 100 Wanita Berpengaruh Dunia
Dituding Ngemplang Pajak, Fuad Rahmany: Eko Bohong 

http://www.tempo.co/read/news/2013/05/24/060482869/Bakteri-Tuberkulosis-Mati-karena-Vitamin-C