Kamis, 30 Mei 2013

Awas Minum Kopi Bikin Gemuk!

INILAH.COM, Jakarta - Anda penggila kopi? Sebaiknya kurangi asupan kopi jika tidak ingin menjadi gemuk.

Sebuah penelitian mengungkapkan, minum kopi setidaknya lima gelas dalam sehari bisa menyebabkan obesitas dan meningkatkan risiko diabetes.

Peneliti Australia menemukan bahwa konsumsi yang berlebihan zat polifenol yang ditemukan dalam kopi yang disebut asam klorogenat (CGA) bisa mencegah kehilangan lemak dan menyebabkan resistensi insulin.

Penelitian, yang diterbitkan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry, menguji efek CGA pada tikus yang diberi dosis berbeda dari senyawa itu.

Tikus yang diberi dosis setara dengan lima atau enam cangkir kopi per hari menunjukkan retensi lemak dalam sel.

Tikus gemuk juga menunjukkan intoleransi glukosa lebih, kondisi pra-diabetes, dan peningkatan resistensi terhadap regulasi insulin.

"Penelitian (sebelumnya) telah menunjukkan bahwa konsumsi kopi menurunkan risiko pengembangan diabetes tipe 2," kata Profesor Kevin Croft, dari Universitas Western Australia

"Dengan pemikiran ini, kita mempelajari efek polifenol, atau lebih khusus CGAS, yang tak hanya banyak ditemukan pada kopi, tapi juga dalam teh dan beberapa buah-buahan, termasuk plum. CGAS sebelumnya dikenal untuk manfaat kesehatan, meningkatkan sensitivitas insulin dan mengurangi tekanan darah dan akumulasi lemak tubuh," katanya.

"Namun, penelitian ini membuktikan sebaliknya dalam dosis setara dengan lima atau enam cangkir kopi per hari," kata penulis studi Vance Matthews, dari universitas yang sama, seperti dikutip dari dailymail. [mor]

http://gayahidup.inilah.com/read/detail/1994273/awas-minum-kopi-bikin-gemuk