Selasa, 14 Mei 2013

Asupan Sehat Penangkal Kanker Payudara

KANKER payudara ialah salah satu penyumbang kematian terbanyak wanita di Indonesia. Untuk itu, mengetahui langkah preventifnya sangat penting agar terhindar dari risiko tersebut.

Populasi kematian akibat kanker payudara sangatlah tinggi. Pasalnya, bila seseorang sudah terdiagnosa kanker payudara, sel-sel tumornya dalam payudara sudah di luar kendali tubuh mereka.

Oleh karenanya, mengetahui langkah preventif jadi poin penting sebelum semuanya terlambat dan Anda menyesal, di antaranya sebagai berikut, seperti dilansir Livestrong.

Diet makanan berlemak dan mengonsumsi makanan mengandung omega-3

Wellness Net telah menunjukan bahwa diet asupan lemak dapat mengurangi risiko umum seorang terkena kanker payudara. Sementara, omega-3 bagi peneliti University of Maryland Medical Center dan Iowa State University telah menunjukan kandungan itu memainkan peran penting dalam pencegahan kanker payudara. Sementara, untuk dapat mengonsumsi makanan omega-3, perhatian Anda bisa diarahkan pada telur, ikan salmon, tuna, minyak ikan, kembang kol, dan bayam.

Mengonsumsi tomat

University of Michigan Health System telah mencatat bahwa tomat sangat berharga untuk mencegah sel-sel kanker datang. Hal ini bisa terjadi karena kandungan lycopene atau antioksidan pada tomat terbukti ampuh memerangi sel kanker payudara.

Mengonsumsi makan kedelai

Hasil penelitian telah menunjukan bahwa wanita yang biasaya mengonsumsi kedelai dan produk kedelai memliki risiko lebih rendah terkena payudara. Hal ini bisa terjadi, sebab kedelai mengandung fitokimia yang dapat  bertindak sebagai inhibitor (obat) untuk estrogen, yang merupakan pemicu perkembangan sel kanker payudara.

Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C

Sebuah hasil penelitian tahun 2010, yang diterbitan oleh Stanford Medicine menjelaskan, wanita yang mengonsumi makanan yang mengandung vitamin C tertinggi memiliki penurunan risiko terkena kanker payudara. Kondisi ini bisa terjadi karena vitamin C adalah antioksidan yang sangat efektif yang memblokir beberapa kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas atau fragmen molekul. Lain itu, penelitian telah menunjukkan bahwa radikal bebas berkontribusi pada pengembangan sejumlah masalah kesehatan, termasuk kanker. Dan ancaman itu bisa diatasi, asal asupan vitamin C dalam tubuh cukup.

Mengonsumsi makanan mengandung beta karoten

Selama bertahun-tahun, para peneliti percaya bahwa beta-karoten juga disebut provitamin A yang sudah ampuh terbukti dapat melawan kanker. Lebih dalam lagi, semua nutrisi pada makanan yang mengandung beta karoten dilaporkan mengurangi risiko yang terkait kanker payudara pada wanita.

Beta karoten diketahui dapat merangsang produksi dan aktivitas sel-sel darah putih dalam darah yang beredar ke seluruh bagian tubuh, dan kemudian membantu sistem kekebalan tubuh untuk memerangi sel-sel kanker. Untuk memenuhi asupan tersebut,  sumber terbaik makanan yang mengandung beta karoten ialah sayuran yang berdaun gelap dan buah-buahan yang berwarna kuning oranye. (ind) (tty)

http://health.okezone.com/read/2013/05/13/486/806116/asupan-sehat-penangkal-kanker-payudara