Selasa, 28 Mei 2013

ASI Cegah Kematian Ibu dan Anak

ASI Cegah Kematian Ibu dan Anak

Liputan6.com, Indonesia menempati posisi keempat terbanyak terkait angka kematian bayi. Di antara negara-negara di Asia tenggara, ada 37 kematian per 1.000 kelahiran hidup pada 2011. Menurut data Organisai Kesehatan Dunia (WHO) 2003, angka kematian bayi sebagian besar terkait dengan faktor nutrisi yaitu sebesar 53 persen.

"Angka kematian bayi dapat dikurangi dengan memberikan Air Susu Ibu (ASI) sebesar 13 persen," ujar Spesialis Anak Dr. I Gusti Ayu Pratiwi, SpA, MARS kepada Liputan6.com di Jakarta, Kamis 925/5/2013).

Menurut Tiwi, ASI berperan penting menciptakan bayi sehat, sebab ASI mengandung beberapa nutrisi yang berguna untuk pertumbuhan tubuh dan perkembangan otak bayi. ASI juga mengandung zat-zat yang dapat meningkatkan imunitas dan melindungi bayi dari berbagai penyakit.

Bayi yang menyusui langsung dari si Ibu lebih kebal dari serangan penyakit daripada yang tidak mendapat ASI langsung.

"Bayi yang mendapatkan ASI ekslufif lebih kebal dari serangan penyakit, karena ASI mengandung makrofag, sitokin, interleukin, laktoferrin bahkan ada faktor bifidus yang berperan dalam pertahanan pencernaan bayi", ujarnya.

(Mia/Abd)

http://health.liputan6.com/read/594478/asi-cegah-kematian-ibu-dan-anak