Jumat, 24 Mei 2013

Alasan ASI Penting Bagi Tumbuh Kembang Bayi

INILAH.COM, Jakarta - Saat ini masih sedikit bayi yang bisa mendapatkan ASI eksklusif selama enam bulan. Beberapa bayi justru diberikan susu formula yang terbuat dari susu sapi.

Padahal ada banyak kandungan ASI yang tidak ada di susu formula dan bermanfaat bagi kesehatan dan tumbuh kembang bayi.

Hal pertama yang storing ibu perlu ketahui adalah kandungan dari susu manusia dan susu sapi itu berbeda. Pada susu sapi kadar proteinnya lebih tinggi yaitu 3,4 persen, sedangkan susu manusia hanya 0,9 persen. Kadar laktosa di dalam susu manusia lebih besar yaitu 7 persen sedangkan di dalam susu sapi sebesar 4,8 persen.

"ASI berperan penting menciptakan bayi sehat. Senab ASI mengandung beberala nutrisi yang berguna untuk pertumbuhan tubuh dan perkembangan otak bayi," kata Dokter Spesialid Anak, dr I Gusti Ayu Pratiwi, SpA, MARS, dalam acara peluncuran Pigeon Peristaltic Plus Nipple, di Hotel Hyatt Jakarta, Kamis (23/5).

Menurut dokter yang kerap disapa Tiwi ini, ASI juga mengandung zat-zat yang meningkatkan imunitas dan melindungi bayi dari berbagai penyakit. Beberapa fakta menunjukkan bahwa bayi menyusui lebih kebal dari serangan penyakit dati pada yang tidak mendapaykan ASI langsung dari ibunya.

"Ini karena ASI mengandung maktofag,sitokin,interleukin,laktoferrin,bahkan ada faktor bifidus yang berperan dalam pertahanan dan pencernaan bayi,"jelanya.

Tiwi menambahkan, laktosa sangat penting dalam proses pembentukan myelin otak. Myelin ini berfungsi untuk mengantarkan rangsangan yang diterima oleh bayi. Saat menyusu rangsangan yang diterima oleh si kecil seperti mencium bau ibunya serta mendengar dan merasakan napas sang bunda.

Sementara, kandungan laktosa yang tinggi pada bayi yang baru lahir kadang bisa menyebabkan diare. Tapi kondisi ini merupakan suatu hal yang normal atau fisiologis sehingga ibu tidak perlu menghentikan pemberian ASI.

"Jika diare disebabkan oleh fisiologis, maka berat badannya tidak akan turun. Jadi selama berat badannya tidak berkurang, ibu tidak perlu menghentikan pemberian ASI ," urainya.

Selain itu AA dan DHA yang terkandung di dalam ASI juga dilengkapi dengan enzim lipase sehingga bisa dicerna oleh tubuh bayi.

Manfaat lain dari ASI yang tidak didapatkan dari susu formula adalah kandungan kolostrum yang keluar di awal-awal bayi menyusu. Kolostrum yang keluar saat bayi menyusu mengandung 1-3 juta leukosit (sel darah putih) dalam 1 ml ASI.

"Jadi kalau ada yang bening-bening sedikit yang keluar dari payudara jangan diremehkan, karena itu mengandung leukosit yang bisa bermanfaat membunuh bakteri di dalam tubuh bayi," terang Tiwi. [mor]

http://gayahidup.inilah.com/read/detail/1992531/alasan-asi-penting-bagi-tumbuh-kembang-bayi