Jumat, 31 Mei 2013

6 Risiko Mengerikan Jika Perempuan Hamil Merokok

6 Risiko Mengerikan Jika Perempuan Hamil Merokok

Liputan6.com, Jakarta : Merokok aktif atau pasif saat masa kehamilan menyebabkan dampak yang tidak baik bagi ibu dan janin. Berbagai risiko yang dialami ibarat mimpi buruk, tidak sedikit wanita yang sedang hamil belum memiliki kesadaran akan bahaya yang ditimbulkan dari asap pembakaran tembakau ini.

Data Australia menunjukkan bahwa sekitar 12 persen wanita merokok selama kehamilan dilansir betterhealth, Jumat (31/5/2013), merokok dan perokok pasif serius dapat mempengaruhi perkembangan janin.

Ketika seorang ibu hamil terpapar asap tembakau, zat berbahaya diserap ke dalam aliran darah ibu dapat melewati plasenta dan mempengaruhi bayi yang belum lahir. Plasenta tidak menyaring zat berbahaya dalam asap tembakau banyak.

Merokok di kehamilan juga mengurangi aliran darah melalui plasenta sehingga dapat mengurangi jumlah oksigen, dan nutrisi bayi menerima. Paparan asap tembakau selama kehamilan secara signifikan dapat meningkatkan risiko terburuk seperti kematian.

Risiko-risiko kesehatan selama kehamilan untuk perokok aktif atau pasif meliputi:

1. Peningkatan risiko keguguran dan kematian saat baru lahir
2. Peningkatan risiko kelahiran prematur dan berat badan lahir rendah
3. Penurunan fungsi paru-paru saat lahir
4. Meningkatkan respon laergi dan asma pada anak
5. Peningkatan risiko kematian mendadak yang tak terduga pada bayi, yang mencakup sindrom kematian bayi mendadak (SIDS) dan kecelakaan yang fatal saat tidur
6. Peningkatan risiko komplikasi selama kelahiran

Sebaiknya orangtua mulai mencontohkan perilaku positif terhadap anak sejak bayi masih dalam kandungan. Berkonsultasi dengan dokter dan ahli kandungan sangat membantu untuk menghilangkan kebiasaan merokok untuk wanita hamil. (Mia/Igw)

http://health.liputan6.com/read/600610/6-risiko-mengerikan-jika-perempuan-hamil-merokok