Kamis, 16 Mei 2013

4 Saat yang Tepat Mengganti Sikat Gigi

4 Saat yang Tepat Mengganti Sikat Gigi  

Pada pameran CES 2013 terdapat sebuah sikat gigi yang unik, yaitu Singing Toothbrushes. Sikat gigi ini merupakan sikat gigi bagi anak-anak dan orang dewasa yang mampu mengeluarkan lagu di saat menyikat gigi. telegraph.co.uk

TEMPO.CO, Pennsylvania - Meskipun sebuah penelitian menemukan bahwa tetap aman menggunakan sikat gigi yang sudah dipakai saat sakit, Anda harus tetap menjaga kebersihan sikat gigi. Dan, ada saatnya Anda mengucapkan "selamat tinggal" lalu menggantinya dengan sikat yang baru.

Carolyn Taggart Burns, DDS dari Academy of General Dentistry, Amerika, menjelaskan empat waktu untuk mengganti sikat gigi.

1. Saat kualitas bulu sikat menurun
Saat sikat gigi kehilangan kekakuan atau kehilangan warna, saat itulah Anda perlu menggantinya. Satu yang perlu diingat, saat ada penumpukan sisa pasta gigi di sikat Anda, itu berarti kuman-kuman sudah berlabuh.

2. Saat Anda menjatuhkannya
Lupakan jargon “belum lima menit”, sebab kuman tidak perlu waktu selama itu untuk berpindah. Kuman dapat berpindah dari mana saja. Bahkan, dengan menaruh sikat beberapa detik di wastafel, kuman sudah berpindah dari wastafel ke sikat gigi Anda.

3. Saat sikat gigi menempel dengan sikat gigi lain
Jangan sampai sikat gigi Anda bersentuhan dengan sikat gigi lain. Mungkin saja sikat gigi lain mengandung kuman. Lalu, kuman itu menyebar ke sikat gigi Anda saat mereka bersentuhan. Dan jangan sekali-kali menggunakan sikat gigi yang sama dengan orang lain.

4. Sehabis bepergian
Jika sikat gigi Anda berada dalam wadah tertutup selama lebih dari satu hari, Anda mungkin harus membuangnya karena bakteri akan tumbuh dalam lingkungan yang lembap. Penting untuk membiarkan sikat kering sepenuhnya sehingga pertumbuhan kuman dapat dicegah. Untuk menjaga sikat gigi Anda bebas bakteri saat bepergian, carilah wadah yang memiliki lubang untuk ventilasi dan biarkan udara keluar segera setelah Anda menggunakannya.

WOMEN’S HEALT MAGAZINE | ANINGTIAS JATMIKA


Topik Terhangat:

PKS Vs KPK| E-KTP |Vitalia Sesha |Ahmad Fathanah |Perbudakan Buruh
Berita Lainnya:

Fathanah dan Dewi Kirana 'The Queen of Pantura'
Minum Teh Panas Bareng Vitalia Sesha
34 Pekerja Freeport Diduga Tewas Terjebak Longsor
Ruhut: Lawan KPK, Suara PKS Bisa Anjlok
Vitalia Sesha Berkisah Tentang Rumah Tangganya
Dewi Kirana Lebih Sopan dari Pedangdut Pantura

http://www.tempo.co/read/news/2013/05/15/060480605/4-Saat-yang-Tepat-Mengganti-Sikat-Gigi