Kamis, 16 Mei 2013

11 Cara Tingkatkan Metabolisme

TEMPO.CO, New York--Setiap kali kita makan atau minum, kita harus berterima kasih kepada metabolisme kita karena telah mengkonversi semua kalori menjadi energi. Berat badan, jenis kelamin, dan usia, memang mempengaruhi tingkat metabolisme.

Namun, ada cara mandiri untuk mengontrol kecepatan metabolisme. Semakin cepat metabolisme terjadi, semakin banyak pula kalori yang terbakar. Berikut adalah 11 cara untuk mempercepat metabolisme tubuh seperti yang disarankan Laura Schwecher dalam Health.com 8 Mei 2013.

1. Tidur!
Para peneliti telah menemukan hubungan antara metabolisme dan tidur. Dan, tidur sama sekali tidak menurunkan metabolisme, malah sebaliknya.

2. Minum teh hijau.
Tidak hanya makanan kaya anti-oksidan, peneliti juga telah menemukan bahwa teh hijau dapat mempercepat metabolisme. Ditambah lagi, teh hijau itu bebas kalori. Jadi, tidak ada alasan untuk tidak menikmati secankir yang penuh kesegaran.

3.Olah raga ringan secara intensif
Meski hanya berjalan perlahan, nyatanya kegiatan ini dapat membakar kalori, asal dilakukan secara intensif. Daripada melakukan olahraga berat sesekali, lebih baik Anda melakukan olahraga ringan secara intenif.

4. Jangan melewatkan sarapan.
Mungkin sudah saatnya untuk mempertimbangkan kembali untuk menunda sarapan. Studi menunjukkan, metabolisme mulai bekerja cepat saat mulai sarapan. Jika Anda tidak nafsu untuk makan di pagi hari, makanlah cemilan atau semangkuk yogurt

5. Angkat beban berat.
Mengangkat beban berat tidak hanya untuk mebentuk tubuh atau melangsikannya. Angkat beban juga dapat membantu mempercepat tingkat metabolisme.

http://www.tempo.co/read/news/2013/05/16/060480751/11-Cara-Tingkatkan-Metabolisme